Senin, 02 Desember 2013

GIZI DAN MAKANAN SEHAT DALAM PANDANGAN ISLAM

A. Gizi dan Makanan Sehat dalam Pandangan Islam
Makanan dalam islam meliputi status dan atau standar makanan.Islam menganjurkan manusia mengkonsumsi makanan yang halal,bersih dan sehat,Selain itu islam juga melarang berlebih-lebihan makan. Demikian pula, islam menegaskan bahwa makanan mempengaruhi moral dan mental manusia, kita membutuhkan makanan dan minuman lebih dari yang lainnya, terkait hal ini Al-quran menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang berbeda dan lebih mulia dari hewan, kesitimewaan manusia dibandingkan makhluk lain terletak pada karakteristik spiritual dan mentalnya. Quran dan hadits menegaskan dampak gizi dan moral dan mental umat manusia.
Menurut Al-quran dan hadits,jiwa manusia sebagaimana tubuh membutuhkan makanan yang baik. Dalam surat abassa menegaskan urgensi gizi yang bersih dan sehat bagi jiwa manusia,”maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya” manusia harus mempertimbangkan apakah makanan yang dikonsumsinya baik untuk kesehatan atau kah tidak ?
Dalam surat abassa ayat 27-32,” lalu kami tumbuhkan biji-bijian itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan pohon kurma kebun-kebun yang lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan  untuk binatang-binatang ternakmu”.
- Ayat ini menjelaskan jenis makanan yang baik bagi tubuh manusia
- Menyinggung tempat yang baik untuk membudidayakan hewan

Al-quran menyebutkan sekitar 49 kali jenis makanan yang menjadi sumber tumbuhan dan 16 kali menyinggung olahan hewan dan daging sebagai sumber gizi bagi manusia, menariknya al-quran menyebutkan bahan makanan olahan nabati 3 kali lebih banyak dari hewani, pekan medis menyebutkan sumber penyakit berbahaya disebabkan mengkonsumsi melebihi batas terhadap daging dan lemak menurut imam sadiq berkata : makanlah daging sekali saja selama sepekan, dan janganlah berlebihan dalam mengkonsumsi daging.
Ilmu gizi menjelaskan bahwa konsumsi daging dan penumpukan protein meningkatkan pembakaran energi, badanpun memproduksi asam urat yang meningkatkan kerja ginjal. Ilmu gizi menyarankan variasi makanan sebagai mana  disarankan oleh rasulullah makanan yang halal.
Beliau bersabda : orang yang senantiasa mewaspadai jenis makanan tertentu dan meninggalkan sebagian jenis makanan lainnya.


·       Makanan yang Halal dan Haram dalam Ajaran Islam
Agama islam menekanlah agar setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi halal karena makanan halal menjadi sumber energi yang bersih bagi tubuh untuk melakukan aktifitas dalam mendekatkan diri kepada Allah S.W.T, namun sebaliknya makanan yang haram dan tidak bersih akan menjadi dari sumber kehancuran.

Imam ridha a.s berkata : islam mengharamkan maupun memakruhkan segala sesuatu yang membahayakan tubuh manusia. Namun sebaliknya, membolehkan apa saja yang baik bagi jasmani dan rohani manusia.

1 komentar:

  1. Ada juga beberapa makanan yang disarankan loh
    seperti madu, susu kambing etawa dll
    Kami menjual produk kesehatan Islami
    bisa kunjungi toko kami di
    jasmanishop.wordpress.com

    BalasHapus