Minggu, 01 Desember 2013

KENAKALAN REMAJA (PERGAULAN BEBAS) DALAM PANDANGAN ISLAM


A. Kenakalan Remaja (Pergaulan Bebas) Dalam Sorotan Islam

        Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW, telah memberi petunjuk tentang hal-hal yang diharuskan sebagai perbuatan terpuji dan hal-hal yang harus ditinggalkan sebagai perbuatan tercela. Diantara perbuatan terpuji seperti : tolong-menolong dalam kebaikan, menjaga kesucian diri termasuk kehormatan, menepati janji, adil, shidiq, bersifat ramah dan pemaaf.
Diantara perbuatan tercela seperti : judi, zina, mencuri, merampok, menganiaya, membunuh dan perbuatan-perbuatan yang lain yang merugikan orang seperti: merusak lingkungan (tumbuh-tumbuhan, hewan dan bangunan).

1.     Perbuatan zina
Menurut pengertian umum, perbuatan zina adalah hubungan-hubungan seksual yang tidak sah. Islam melarang segala bentuk hubungan-hubungan seksual diluar pernikahan, dan menetapkan hukuman yang besar terhadap pelanggaran hukum yang telah ditentukan.
Perzinaan itu dapat mengaburkan masalah keturunan, merusak keturunan, menghancurkan rumah tangga, meretakkan perhubungan, meluasnya penyakit sipilis, kejahatan nafsu, dan merosotnya akhlak.
Oleh karena itu tepatlah apa yang dikatakan Allah SWT : “Jangan kamu dekat-dekat pada perzinaan karena sesungguhnya zina itu perbuatan yang kotor dan cara yang sangat tidak baik.”

2.     Melihat Lain Jenis dengan Bersyahwat
                Diantara sesuatu yang diharamkan islam dalam hubungannya dengan masalah insting ialah pandangan seorang laki-laki kepada seorang perempuan atau sebaliknya. Kuncinya adalah hati dan pandangan yang merupakan jalan untuk membawa fitnah dan sampai kepadaperbuatan zina. Rasulullah SAW, menganggap pandangan liar dan menjurus kepada lain jenis sebagai bentuk perbuatan zina mata. Sabda beliau sebagai berikut : “Dua mata itu bisa berzina dan zinanya ialah melihat”

ž 3.Perbuatan kekerasan
Sering kita dengar atau dijumpai salah satunya anak-anak remaja melakukan perbuatan kekerasan seperti penganiayaan dan pembunuhan. Pada hakikatnya perbuatan tersebut melanggar nilai-nilai yang terpuji, kasih sayang, perlakuan baik dan penyantun.
ž  
ž 4. Anak durhaka 
 Dalam hal ini Umar Hasyim berpendapat : anak durhaka ialah anak yang durhaka kepada orang tuanya. Durhaka karna tidak mau berbakti / berbuat ikhlas kepada kedua orang tuanya. Karna menentang tidak mau menurut perintah kedua orang tuanya dalam hal kebaikan.

ž 5. Merokok
 Rokok adalah sebuah benda yang berbentuk lingkaran memanjang yang isinya berupa tembakau yang sudah dirajang dan sudah dijemur.

 Merokok sangat merusak kesehatan terutama pada mulut, kerongkongan, dan paru – paru. Oleh karena itu islam memakruhkanrokok Jenis – jenis rokok : Rokok berdasarkan bahan pembungkusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar